Kurikulum

Kurikulum Pondok Pesantrn Modern Al Kautsar menggunakan beberapa kurikulum yang diterapkan dalam program belajar dan mengajar untuk mencapai 3 ranah pendidikan yaitu Tarbiyah Quwwatul Uluhiyah atau pendidikan kemampuan afektif, Tarbiyah Quwwatul Akliyah atau pendidikan kemampuan kognitif dan Tarbiyah Quwwatul Jismiyah atau pendidikan kemampuan Jasmani secara selaras, serasi dan berkesinambungan.

Karena merupakan lembaga pendidikan formal, masing-masing unit pendidikan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar menerapkan kurikulum yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Republik Indonesia dan Kementerian Agama (KEMENAG) Republik Indonesia untuk menjalankan proses belajar mengajar. Kurikulum yang diterbitkan oleh KEMENDIKBUD digunakan untuk menjalankan proses belajar mengajar unit pendidikan SMP Al Kautsar dan unit pendidikan SMA Al Kautsar. Sedangkan kurikulum yang diterbitkan oleh KEGEMENAG digunakan untuk menjalankan proses belajar mengajar unit pendidikan MTs Al Kautsar.

Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah untuk pendidikan muatan lokal bidang pengetahuan keagamaan berbasis kitab kuning klasik karya para ulama Ahlussunah wal Jamaah sebagai refrensi keilmuan meliputi Aqidah, Ushul Fiqih, Ilmu Fiqih, Ilmu Akhlak, Thafsir Al Quran, Ilmu Hadist dan Tasawuf. Selain itu untuk melestarikan khasanah keilmuan agama islam klasik yang diyakini Nashab­-nya tersambung melalui para alim ulama hingga Rasulullah SAW. Penggunaan kurikulum ini atas keyakinan Almuhafadhatu ala Qodimisshalih wal Ahdu bi Jadidil Ashlah.

Kurikulum Pondok Modern Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyyah untuk pendidikan muatan lokal bidang bahasa pengetahuan kemampuan santri dalam berbahasa Inggris meliputi Morning Courses, Dictation, English Lesson, Grammar, Reading, Listening, Speaking, Conversation dan berbahasa Arab meliputi Imla, Nahwu, Shorof, Mutholaah, Balaghoh, Insya’ dan Amaliyatut Tadris.

Kurikulum pendidikan life skills untuk pendidikan yang meliputi bidang keterampilan dan kebiasaan santri yang baik dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya. Pendidikan life skills ini dijalankan atas dasar Teori Pendidikan Behavioristik atau pembelajaran dengan pembiasaan secara berulang-ulang agar santri menguasai keterampilan tersebut, dengan kata lain pendidikan life skills melatih santri secara terus menerus dan konsisten agar santri memiliki keterampilan yang baik dan bermanfaat. Pendidikan life skills meliputi keterampilan qiroatul quran, Muhadhoroh,  keterampilan terlibat dalam organisasi melalui Organisasi Santri Al Kautsar (OSAKA & OSK), keterampilan organizing the event keterampilan kehidupan mandiri, keterampilan menjaga lingkungan atau tandif dan keterampilan-keterampilan lain yang diadakan untuk mengakomodasi baakat dan minat santri atau kegiatan ekstrakulikuler unit pendidikan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar seperti kegiatan Pramuka.